Selamat Datang Di Website Kontakperkasa Futures Surabaya

PT KP PRESS | Ratu Apotek Berharta Rp 16 Triliun

Written By KPFSURABAYA on Monday, December 16, 2019 | 8:37 AM



PT KP PRESS SURABAYA - Vivian Que Azcona adalah wanita asal Filipina yang mengantongi kekayaan, menurut data Forbes, hingga US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 16 triliun (kurs Rp 13.973). Kekayaannya ia peroleh dari bisnis ritel apotek ternama di Filipina, yakni Mercury Drug. Dilansir dari Entreprises Asia, Mercury Drug memiliki lebih dari 1.000 gerai yang tersebar di seluruh Filipina.

Vivian adalah anak tertua dari Mariano Que, pendiri Mercury Drug. Mengikuti bidang yang digeluti ayahnya, Vivian pun mengambil jurusan kuliah farmasi di Universitas Santo Thomas.

Vivian yang memperoleh predikat cumlaude atau lulusan terbaik juga tak butuh waktu lama untuk memperoleh hasil ujian lisensi farmasi. Usai memperoleh lisensi, Vivian langsung mempelajari rantai distribusi pengecer farmasi.

Di bawah pengawasan langsung dari Dr. Que, ia belajar bisnis dan meningkatkan kariernya, mulai dari pergudangan hingga distribusi, dari inventaris dan pengendalian stok hingga operasi toko, tak lupa juga perdagangan hingga pemasaran, pengembangan dan pelatihan SDM hingga penelitian, keuangan, dan manajemen keseluruhan untuk mempersiapkan dirinya ketika mendapat jabatan tinggi di perusahaan.

Pada tahun 1980, Vivian ditunjuk sebagai Asisten Manajer Umum. Kemudian Wakil Presiden dan Manajer Umum pada tahun 1984, dan akhirnya menjadi Presiden pada tahun 1998. Di bawah kepemimpinannya, Mercury Drug telah berkembang menjadi lebih dari 1.000 gerai di seluruh Filipina.

Secara keseluruhan, Mercury Drug sekarang mempekerjakan jumlah apoteker terbesar di Filipina dan menyerap jumlah mahasiswa magang farmasi terbanyak.

Semua lebih dari 12.000 karyawan Mercury Drug menikmati tunjangan yang besar. Setiap orang mendapat kompensasi tidak hanya saat dipekerjakan, tetapi untuk sisa hidup mereka setelah pensiun.

Pendidikan berkelanjutan juga diberikan kepada karyawan. Vivian menempatkan tim pelatihan yang sangat kompeten dan fasilitas pelatihan modern untuk pelatihan apoteker dan frontliner sepanjang tahun untuk memastikan layanan pelanggan yang luar biasa.

Setiap pekan, Vivian bertemu dengan tim manajemennya, untuk mendiskusikan berbagi ide, kepedulian, dan pekerjaan umum Mercury Drug, juga meningkatkan layanannya untuk pelanggan dengan menggaet Gamot Padala. Layanan tersebut menawarkan pesanan online, sehingga bisa kapan pun dan di mana pun, hingga jasa pengiriman.

Untuk orang Filipina, nama Mercury Drug telah menjadi buah bibir untuk obat-obatan. Slogannya, Nakasisiguro Gamot ay Laging Bago, adalah jaminan obat-obatan segar dan berkualitas tinggi yang dijual di Mercury Drug, baik bermerek atau generik.

Pelanggan akan selalu menemukan apa yang mereka butuhkan di Mercury Drug, dan jika obat yang mereka butuhkan tidak tersedia di cabang yang mereka kunjungi, hanya akan dengan senang hati menemukannya di toko lain untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Ketika undang-undang yang memberikan potongan harga obat-obatan untuk warga negara senior dan para penyandang cacat diberlakukan, Mercury Drug siap menerapkannya, memberikan diskon 20% hak istimewa diamanatkan, dan pembebasan dari PPN 12% untuk semua warga negara senior. Dengan jutaan pelanggan manula, Mercury Drug dapat dengan mudah menjadi salah satu penyedia terbesar hak istimewa ini di Filipina.

Karena layanan pelanggannya yang luar biasa, Mercury Drug telah mempertahankan basis pelanggan yang kuat, menjadikannya salah satu dari 10 Perusahaan Top di Filipina. Ini juga disebut sebagai Wajib Pajak Top di komunitas tempat ia beroperasi. Vivian sendiri telah disebut sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi Terkemuka Filipina pada tahun 2012.

Vivian berusaha menjadi warga negara yang baik dan warga korporat yang baik. Baginya, tidak ada arti kesuksesan jika dia tidak dapat memberikan kembali kepada mereka yang telah berkontribusi pada kesuksesan Mercury Drug. Itulah sebabnya Vivian dan tim manajemennya tidak pernah kehabisan ide untuk membuat pelanggan Mercury Drug senang.

Atas asumsi Vivian akan kepresidenan Mercury Drug, perusahaan memulai penjangkauan medis berskala besar sebagai cara merayakan ulang tahunnya. Dilakukan melalui Yayasan Obat Merkurius, yang dipimpinnya, Vivian telah melihat pelaksanaan tahunan penjangkauan ini yang disebut Operation Bigay Lunas. Menawarkan konsultasi medis gratis dan obat-obatan, program ini menjangkau 70 komunitas yang kurang terlayani di seluruh negeri dalam kegiatan sehari-hari secara simultan.

Di luar Mercury Drug, Vivian juga melayani negara melalui berbagai organisasi profesional. Ayahnya adalah salah satu pendiri Bisnis Filipina untuk Kemajuan Sosial (PBSP), yang berupaya untuk mengakhiri kemiskinan di Filipina melalui proyek-proyek yang didanai oleh dukungan keuangan kolektif dari para anggotanya. Vivian telah melihat melalui pemenuhan komitmen ini tanpa henti dan setiap tahun dia tidak pernah gagal mengirimkan persentase tetap dari pendapatan Obat Merkurius sebelum pajak ke PBSP.

Ayahnya adalah salah satu pendiri PBSP, yang berupaya untuk mengakhiri kemiskinan di Filipina melalui proyek-proyek yang didanai oleh dukungan keuangan kolektif dari para anggotanya. Vivian telah melihat melalui pemenuhan komitmen ini tanpa henti dan setiap tahun, dia tidak pernah gagal mengirimkan persentase tetap dari pendapatan Mercury Drugs sebelum pajak ke PBSP.

Terlepas dari semua pekerjaan yang telah ia raih di Mercury Drug, Vivian tetap tidak menonjolkan diri, seperti ayahnya. Baginya, 'pengakuan atau publisitas tidak penting. Yang penting adalah kita dapat menggunakan sumber daya kita untuk mengulurkan tangan di mana pun kita bisa, dengan cara terbaik dan secepat mungkin!"

Untuk pekerjaannya dalam pengabdian masyarakat dan pelayanan kepada profesi farmasi, Vivian telah menjadi penerima berbagai penghargaan, yang terbaru adalah Penghargaan Asosiasi Apoteker Filipina Mangkuk Hygeia 2013 dan Penghargaan Pemimpin Bisnis Thomasian Alumni Luar Biasa 2010 yang diberikan oleh almamaternya. PT KP PRESS

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com
Share this article :

Post a Comment