Selamat Datang Di Website Kontakperkasa Futures Surabaya
Home » , , , , , , , » KONTAK PERKASA FUTURES | Jadi Gampang Ngantuk Saat Puasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuh

KONTAK PERKASA FUTURES | Jadi Gampang Ngantuk Saat Puasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuh

Written By KPFSURABAYA on Tuesday, May 7, 2019 | 4:01 PM



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Hari pertama puasa pasti kita bersemangat sekali, mulai dari sahur yang tidak kesiangan hingga memikirkan menu buka puasa apa nanti yang enak. Tapi tidak dipungkiri, hari pertama di bulan Ramadhan juga bisa membuat kita gampang ngantuk.

Biasanya memasuki jam-jam siang kita merasa gampang ngantuk. Sebenarnya pada saat mengantuk yang terjadi pada tubuh adalah turunnya kadar gula darah sehingga terasa mengantuk dan lelah.

Menurut dokter dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD, FINASIM ini terjadi karena menipisnya cadangan gula yang ada di tubuh.

"Nutrisi yang kita makan dipakai paling sampai 2 jam saja. Lebih dari 3 jam membongkar cadangan-cadangan di tubuh," ujarnya saat ditemui di kawasan Senen, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Cadangan gula yang berbentuk glikogen terdapat paling banyak di liver atau hati. Ada pula cadangan gula yang berupa lemak ditimbun di jaringan lemak. Cadangan gula tersebut kemudian dipecah untuk dijadikan energi.

Lama-kelamaan, kadar gula dalam darah pun akan menurun atau disebut hipoglikemia, terutama pada waktu menjelang berbuka puasa. Maka dari itu dianjurkan berbuka dengan yang manis, misalnya kurma untuk mengembalikan kadar gula darah normal.

"Kurma itu dia termasuk buah yang indeks glikemiknya sedang, di dalam buah ada serat. Kalau minum teh pake gula pasir kan nggak ada seratnya. Jadi pasti lebih unggul (kurma), 2-3 butir saja sudah cukup mengembalikan gula yang turun itu," sarannya. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES

2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES

4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES

5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES

6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES

7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
Share this article :

Post a Comment