Selamat Datang Di Website Kontakperkasa Futures Surabaya
Home » , , , , , , , , » PT KONTAK PERKASA | Ekspektasi Penurunan Suku Bunga AS Membantu Emas Mencapai Rekor Di Atas $2,100

PT KONTAK PERKASA | Ekspektasi Penurunan Suku Bunga AS Membantu Emas Mencapai Rekor Di Atas $2,100

Written By KPFSURABAYA on Monday, December 4, 2023 | 1:37 PM



PT KONTAK PERKASA | Emas melonjak melewati level tertinggi sepanjang masa sebelumnya di tengah pandemi karena meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga AS pada awal tahun depan, meskipun ada upaya dari Federal Reserve untuk meredam optimisme tersebut.

Logam mulia melonjak lebih dari 3% pada awal perdagangan hari Senin (4/12), melampaui rekor tertinggi sepanjang masa sebelumnya yang dicatat pada 7 Agustus 2020, sebelum mengurangi sebagian besar kenaikan tersebut.

Reli emas batangan yang telah berlangsung sejak awal Oktober dipicu pada hari Jumat ketika komentar Ketua Fed Jerome Powell bahwa kebijakan moneter "memasuki wilayah yang membatasi" mendorong anjloknya dolar dan imbal hasil Treasury, hal positif bagi emas yang tidak menarik.

Powell kemudian mencoba untuk melawan optimisme penurunan suku bunga, dengan memperingatkan bahwa "masih terlalu dini untuk menyimpulkan dengan keyakinan bahwa kita telah mencapai sikap yang cukup membatasi, atau berspekulasi mengenai kapan kebijakan akan dilonggarkan." Meskipun demikian, swap market kini melihat peluang penurunan sebesar lebih dari 50% di bulan Maret dan sepenuhnya memperhitungkan penurunan di bulan Mei.

Telah terjadi "pergeseran momentum yang besar" pada emas, kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone Group Ltd. Namun, data tenaga kerja AS pada akhir pekan ini dapat menimbulkan risiko penurunan terhadap emas batangan, dengan pertaruhan pada tingkat suku bunga riil yang lebih rendah di tahun depan terlihat sangat agresif, katanya.

Emas naik 0,8% menjadi $2,087.95 per ounce pada pukul 13:32 waktu Singapura, menyusul kenaikan 1,8% pada hari Jumat. Indeks kekuatan relatif 14 hari emas batangan sekarang jauh di atas ambang batas yang menunjukkan bahwa harga emas mungkin telah overbought. Indeks Bloomberg Dollar Spot naik 0,1%, sementara perak, platinum, dan paladium semuanya menurun.

Emas batangan telah melonjak sekitar 15% dari level terendahnya di awal Oktober. Hal ini diuntungkan oleh serentetan pembelian aset safe haven setelah serangan Hamas terhadap Israel, dan kemudian, dalam beberapa minggu terakhir, reli ini mendapat dorongan tambahan dari meningkatnya ekspektasi terhadap penurunan suku bunga AS. Hal ini didukung oleh penurunan imbal hasil Treasury 10-tahun AS sebesar 60 basis poin dan penurunan nilai dolar hampir 3% selama bulan November.

Saham-saham penambang emas juga menguat. Newmont Corp. naik sebanyak 3,6% di Sydney, sementara Northern Star Resources Ltd. naik sebanyak 5,3%. Zijin Mining Group Co. melonjak sebanyak 6,4% di Hong Kong. (Arl) PT KONTAK PERKASA

Sumber : Bloomberg

Share this article :

Post a Comment