Selamat Datang Di Website Kontakperkasa Futures Surabaya
Home » , , , , , , , , » KONTAK PERKASA FUTURES | Bill Gates Ungkap 4 Pelajaran dari Flu Spanyol untuk Lawan COVID-19

KONTAK PERKASA FUTURES | Bill Gates Ungkap 4 Pelajaran dari Flu Spanyol untuk Lawan COVID-19

Written By KPFSURABAYA on Wednesday, June 3, 2020 | 8:52 AM



KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Bill Gates menjadi sosok yang dipuji sekaligus dikritik karena berbagai ucapannya di tengah pandemi COVID-19. Dia meminta dunia belajar dari sejarah Flu Spanyol.

Hal itu dia sampaikan dalam blog resminya GatesNotes. Rabu (3/6/2020) founder Microsoft ini meminta dunia belajar dari kejadian pandemi Flu Spanyol tahun 1918-1919.

Bill Gates merujuk pada buku The Great Influenza karya John M Barry terbitan tahun 2004. Dia mengingatkan betapa pandemi mengubah dunia selamanya.

Bill Gates percaya pada penulisnya yang menyebutkan, Perang Dunia II terjadi dipengaruhi dampak pandemi flu. Dampak pandemi flu memicu ketegangan para pemimpin negara besar seperti Presiden AS Woodrow Wilson yang menekan Jerman dan akhirnya muncul Adolf Hitler.

Menurut Bill Gates, dari pandemi Flu Spanyol ada 4 pelajaran penting untuk warga dunia dalam menghadapi pandemi virus Corona:

1. Masalah kepemimpinan

Kepemimpinan menurut Bill Gates sangat penting di tengah pandemi. Butuh komando jelas dari seorang pemimpin untuk melalui pandemi ini. Ilmuwan harus berani maju memberi arahan. Kepala pemerintahan juga harus sigap dan waspada.

"Dulu di St Louis warga dimobilisir dan melakukan respons efektif yang menyelamatkan nyawa banyak orang. Sedangkan di Philadelpia, walikotanya mengabaikan anjuran membatalkan pawai. Beberapa hari kemudian, korban berjatuhan," kata Bill Gates.

2. Masalah kejujuran
Bill Gates mengatakan saat pandemi Flu Spanyol tahun 1918, para pemimpin politik bahkan komisi kesehatan, menutup-nutupi kabar buruk untuk menghindari kepanikan masyarakat. Namun masyarakat melihat teman dan tetangga mereka meninggal.

Suami dari Melinda Gates ini menyitir ucapan John M Barry, bahwa pemerintah harus menjaga kepercayaan publik. "Caranya jangan mengubah dan memanipulasi informasi," kata dia.

3. Peran filantropi

Di saat pandemi filantropi memegang peranan penting. Kedermawanan menjadi kunci untuk mengatasi krisis akibat pandemi. Waktu Flu Spanyol, ada bantuan dari John D Rockefeller, John Hopkins dll.

Bantuan dana itu akhirnya mengubah dunia kedokteran dan ilmu pengetahuan di awal abad ke-20. Lahirlah ratusan ribu tenaga medis profesional untuk merawat orang sakit dan menata kesehatan masyarakat.

Inilah rupanya alasan Bill Gates tidak ragu menggelontorkan uang melalui Bill and Melinda Gates Foundation untuk mengatasi COVID-19.

4. Pandemi membuat manusia sadar diri

Meskipun dengan upaya luar biasa dan gelontoran uang dari Rockefeller Institute, John Hopkins University dll, ilmuwan tidak pernah menemukan vaksin Flu Spanyol tepat waktu. Baru pada tahun 1933 ilmuwan baru tahu kalau pandemi itu akibat virus, bukan bakteri.

"Saat ini juga kita punya banyak peralatan untuk menciptakan vaksin dan terapi yang efektif. Namun sains masih lebih lambat dari yang kita mau. Untuk mengakhiri pandemi, kita butuh lebih dari sekadar sains," kata Bill Gates.

Kata dia, butuh tekad politik untuk mendorong social distancing dan memastikan keajaiban ilmu pengetahuan menyebar lebih jauh dari virusnya. Dia dan Melinda menyadari, butuh waktu bertahun-tahun untuk menyiapkan vaksin agar bisa digunakan dunia, baik dari uang, institusi dan penelitiannya.

"Waktu tahun 1918, dunia tidak punya sistemnya. Melinda dan saya berkomitmen memastikan bahwa kali ini kita sanggup," pungkas Bill Gates.

Bill Gates memang sosok yang visioner. Mungkin pandangannya yang jauh ke depan, membuatnya dituduh konspiratif. Sementara kritikan yang lebih berdasar umumnya menyoroti masalah konflik kepentingan Bill Gates antara mendanai WHO dan mendanai pabrik farmasi Inovio yang lagi membuat vaksin Corona. KONTAK PERKASA FUTURES

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
detik.com

Share this article :

Post a Comment