Selamat Datang Di Website Kontakperkasa Futures Surabaya
Home » , , , , , , , » PT KONTAK PERKASA FUTURES | Sama-sama 1.5 Turbo, Apa Beda Mesin Accord, Civic dan CR-V?

PT KONTAK PERKASA FUTURES | Sama-sama 1.5 Turbo, Apa Beda Mesin Accord, Civic dan CR-V?

Written By KPFSURABAYA on Thursday, July 25, 2019 | 8:48 AM



PT KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Honda Accord kini mengusung mesin 1.500 cc turbo. Mesin serupa sebenarnya sudah digunakan di dua mobil Honda lainnya, yaitu Civic Turbo? dan CR-V Turbo. Tapi, adakah perbedaan mesin antara ketiga mobil itu?

Project Leader of Honda Accord, Honda RnD Yasuhiro Nakano mengatakan basis mesin ketiga mobil itu sebenarnya sama. Namun, Honda memang telah memberi pembaruan pada mesin 1.500 turbo untuk Accord ini.

"Memang basis mesinnya sama karena satu spesifikasi (1.5 liter turbo) tentu kode mesinnya sama, tapi kita banyak mengganti komponen di dalamnya. Sehingga menjadikan suatu mesin yang baru," kata Nakano di sela-sela media test drive Honda Accord menuju Bandung, Jawa Barat.

Menurutnya, mesin Accord ini memang mesin terbaru dengan penyempurnaan pada basis mesin 1.500 cc turbo. Perbedaannya ada pada perangkat turbo serta exhaust manifold.

"Tapi kalau Civic dan CR-V sama exhaust manifold-nya," katanya.

Mesin Honda Accord menggunakan cylinder head dengan bobot ringan dan die cast aluminium alloy bertekanan rendah dengan exhaust manifold yang dicetak langsung ke dalam cylinder head, sehingga tidak membutuhkan exhaust manifold yang terpisah.

Untuk meningkatkan efisiensi dan responsif, manifold menggunakan desain '4-into-2', di mana delapan exhaust valve dikelompokkan menjadi dua set yang terdiri dari 4 valve yang masing-masing memiliki exhaust manifold dan exit port terpisah menuju cylinder head.

Sistem ini membantu aliran gas buang yang lebih mulus menuju turbocharger untuk operasi yang lebih efisien dan performa putaran rendah yang lebih responsif.

"Engine Accord ini terbaru, beda dengan Civic dan CR-V dari power juga beda, responnya pada saat pedal ditekan responnya lebih cepat (putaran bawah), jadi kemampuuan itu yang ditingkatkan. Karena ini engine baru, kemungkinan juga akan diaplikasikan ke Civic atau CR-V, tapi sekarang ini Accord yang pertama kali," ujarnya.

Diketahui, Honda Accord menggendong mesin 1.500 cc turbo DOHC VTEC dengan sistem direct injection. Mesin itu memiliki tenaga maksimal 190 PS pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 260 Nm pada 1.600-5.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT. PT KONTAK PERKASA FUTURES
 
Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA FUTURES
 

Share this article :

Post a Comment