Selamat Datang Di Website Kontakperkasa Futures Surabaya

KONTAK PERKASA FUTURES | Rupiah Senin Siang Melemah ke Rp15.946/USD

Written By KPFSURABAYA on Monday, October 23, 2023 | 2:49 PM



KONTAK PERKASA FUTURES
| Dalam pergerakan pasar uang pada hari Senin siang (23/10), rupiah melemah terhadap dolar AS selama hari keempat berturut-turut, mengalami penurunan yang lebih signifikan dari sesi pagi. Sementara itu, dolar AS di pasar Asia menguat setelah mengalami koreksi selama dua hari dalam perdagangan global sebelumnya.

Rupiah terhadap dolar AS pada siang hari ini melemah sebanyak 0,54%, atau sekitar 86 poin, mencapai level Rp 15.946 dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di Rp 15.860. Rupiah tampak mengalami tekanan berkurang, mendekati level Rp16.000, yang merupakan level terendah dalam tiga setengah tahun, sejak April 2020.

Analis memperkirakan bahwa perdagangan rupiah terhadap dolar AS pada hari ini dibuka dengan pelemahan hingga mencapai Rp 15.875, kemudian mengalami koreksi dan terakhir terpantau berada pada level Rp 15.846.

Pelemahan rupiah terjadi seiring dengan kenaikan dolar AS di pasar uang Asia, yang mengalami sedikit koreksi setelah dua hari terakhir. Investor masih memperhatikan ketegangan geopolitik dalam konflik Israel-Hamas dan juga kenaikan imbal hasil surat utang AS Treasury.

Indeks dolar, yang mengukur kinerja dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama, menguat pada siang hari WIB ini dan mencapai level 106,26, naik dari level penutupan sesi sebelumnya di 106,16.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari Senin turun secara signifikan dalam sesi pertama siang hari, yaitu sekitar 86,203 poin (1,26%) dan berada pada level 6.762,964. Bursa saham Asia juga mengalami penurunan umum, dipengaruhi oleh data inflasi di kawasan tersebut, serta mengikuti Wall Street yang mengalami penurunan pada akhir pekan seiring dengan kenaikan imbal hasil surat utang AS Treasury.

Dengan demikian, para analis memperkirakan bahwa dolar AS akan menguat terhadap rupiah pada hari ini, dengan pergerakan dolar di pasar Asia yang cenderung naik. Rentang perdagangan rupiah terhadap dolar AS dalam seminggu ini diperkirakan akan berada antara Rp 15.976 - Rp 15.716. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : Vibiznews

Share this article :

Post a Comment